Buah-buah penambah darah

Sunday, November 3rd 2013. | buah, Indonesia, kesehatan, Makanan, minuman, Sayuran Hijau

by: Buah-buah penambah darahbuah-buah-penambah-darah
buah-buahan penambah darah, anemia atau kurangnya darah pada tubuh biasanya cenderung terjadi pada orang yang vegetarian dan orang yang sering kali kehilangan darahnya gara-gara menstruasi/haid. Anemia ini mempunyai dampak kepada penderitanya berupa sering mengantuk dan mudah lelah.
Penyebab anemia atau kurang darah adalah kurangnya suatu zat di dalam tubuh yang berguna sebagai bahan utama pembentukan hemoglobin yang bertujuan membawa oksigen. Nama zat tersebut adalah zat besi. Jika zat besi di dalam tubuh rendah, otomatis akan membuat produksi sel darah merah menjadi sedikit juga. Artikel kali ini akan memberikan berbagai macam buah penambah darah yang sangat direkomendasikan buat penderita anemia

Oleh karena itu, penderita anemia biasanya dianjurkan untuk selalu rutin mengkonsumsi penambah darah paling tidak sekali dalam satu hari. Selain dari suplemen penambah darah, kurang darah ini dapat juga diatasi dan diobati dengan memakan buah penambah darah. Cukup banyak buah penambah darah seperti:
Buah semangka, plum, jeruk, mangga, aprikot. Buah-buahan tersebut merupakan buah yang mengandung vitamin A. Vitamin A ini selain bagus untuk mata, juga dapat menggerakan zat besi untuk nantinya ditujukkan pada hemoglobin, yang akhirnya terdapat oksigen yang diangkut oleh pigmen tersebut.

Buah melon, nanas, pisang, alpukat, delima, dan kurma. Kandungan vitamin B kompleks dalam buah-buahan tersebut berperan penting dalam memproduksi sel darah merah yang nantinya akan disebar sebagai cadangan makanan dalam tubuh.

Buah jeruk, mangga, lemon, dan nanas. Buah-buahan ini mengandung vitamin C yang artinya atas jasa vitamin C ini dua per tiga zat besi dapat diserap oleh tubuh ke dalam tubuh.

Buah-buahan seperti buah alpukat, ceri, anggur, blackberry, semangka, ara, raspberry, plum, dan anggur. Buah-buahan ini adalah buah yang mengandung zat besi. Seperti yang telah dikatakan tadi, zat besi adalah zat yang paling penting sebagai pembentuk sel darah merah karena zar besi ini dapat mengikat oksigen.

10 Makanan Sehat Untuk Menambah Darah Darah merupakan komponen penting dalam tubuh kita, karena darah akan mengantarkan nutrisi ke sel-sel. Akibat seseorang yang kurang darah maka sel-sel akan kekurangan nutrisi , istilah kurang darah biasanya sering disebut dengan anemia. Penyebab anemia bermacam-macam bisa karena keurangan zat gizi pembentuk darah seperti zat besi dan vitamin B12 ataupun kondisi ginjal seseorang terganggu .
anemiaFungsi Ginjal selain mersekresi, menyaring serta merabsorsi ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan eritropoitin dimana eritopoitin tersebut berguna untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Biasanya orang dengan anemia memiliki gejala seperti lemah, letih dan lesu.

Berikut adalah daftar makanan sehat yang bisa menambah darah anda :

1. Buah-Buahan
Buah-buahan yang bisa menambah darah di antaranya adalah sebagai berikut kismis dan anggur, apel, melon, jeruk dan limau, bit hijau,Buah prune, plum, dll.

2. Daging
Daging merupakan yang kaya akan protein selain itu daging juga mengandung zat besi, dalam 100 gram daging sapi mengandung 2,8 mg

3. Gandum
Roti Gandum mengandung zat besi yang besar, selain memiliki fungsi mencegah penyakit jantung dan kanker.

4. Ikan
Salah satu ikan yang mengandung zat besi adalah Ikan baronang . Selain itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Ikan salmon merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3. Dan jangan lupa satu lagi yaitu ikan tuna.
5. Jagung
Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung juga menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan C.

6. Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang yang bisa menambah darah adalah kacang tanah, kacang hijau kacang kedelai, kacang lentil serta kacang almond.

7. Kismis
Kismis mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh

8. Kuning telur
Cara mengatasi anemia dengan mengomsumsi telur Anda dapat merebus 1 kuning telur ayam kampung bersama 60 gram daun bawang merah dan campurkan air secukupnya setelah itu, kemudian dimakan atau dikonsumsi secara teratur 2 kali sehari secara teratur.

9.Sayur- Sayuran
Ubi merupakan konsumsi makanan yang disarankan karena ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Selain itu beberapa sayuran lainnya yang direkomendasikan adalah : bunga kol dan brokoli, sawi, bayam, kangkung, daun katuk, kacang merah, kentang, lobak, dll.

10. Sereal
Makanan yang sering disajikan untuk menu sarapan ini sangat baik untuk kesehatan. ¾ cangkir sereal mengandung 18 mg zat besi. Sedangkan 100 gram oatmeal instan mengandung 11 mg zat besi.

buah-buahan penambah darah

tags: , , ,