Fungsi kemiri pada segala macam makanan

Monday, November 4th 2013. | Indonesia, Makanan, masakan

by: fungsi kemiri pada makananfungsi-kemiri-pada-makanan
Fungsi kemiri pada makanan, Kuliner Nusantara bisa dibilang merupakan salah satu kuliner ‘terkaya’ di Dunia. Kekuatan Kuliner khas Nusantara terletak pada variasi Bumbu, dan Rempah – rempah yang menjadi kunci, ‘jantung’, dan kekuatan utama pada setiap hidangannya.
Sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita, kalau Kuliner khas Nusantara selalu identik akan penggunaan bumbu – bumbu yang kaya rasa¸dan aroma. Paling tidak ada tiga jenis bumbu yang menjadi jantung, dan pusat kekuatan kuliner Nusantara. Kuliner Nusantara tidak pernah terlepas dari Bumbu Merah, Bumbu Putih, dan Bumbu Kuning.
Bumbu Kuning yang dimaksud disini adalah bumbu yang berbahan dasar rempah – rempah antara lain; Kunyit, KEMIRI, Bawang Putih, Bawang Merah, Ketumbar, dan Garam. Sedangkan Bumbu Putih terdiri dari; KEMIRI, Bawang Putih, Bawang Merah, dan Garam. Seperti kita secara umum ketahui Bumbu Merah adalah Bumbu yang nyaris mendominasi setiap makanan nusantara yang dapat disajikan dengan masakan gorengan, atau masakan berkuah, Bumbu Merah terdiri dari; Terasi, Cabai Merah (Cabai Besar atau Cabai Kecil), Tomat, KEMIRI, Bawang Merah.
Tiga jenis bumbu itulah yang secara pasti, dan paten menjadi jati diri dari kekhasan kekuatan kuliner Nusantara. Ibarat jantung dalam tubuh manusia, tiga jenis bumbu ini adalah bahan dasar atau ‘jantung’ dalam mengolah masakan khas Nusantara.
Di dalam susunan Ketiga Jenis Bumbu diatas, KEMIRI selalu hadir dalam tiap kesempatan (baik sebagai Bumbu Utama, maupuN Bumbu Pelengkap). Kehadiran KEMIRI dalam kuliner Nusantara memiliki daya tarik sendiri, mengingat KEMIRI memiliki kekuatan aroma alami yang sedap, dan menggoda.
Dalam olahan masakan ber – santan Nyaris tidak dapat dipisahkan dari penggunaan KEMIRI. Tanpa KEMIRI olahan santan akan mudah pecah, pasalnya KEMIRI memiliki sifat sebagai pengikat santan, dan KEMIRI dapat memberikan rasa masakan yang lebih meresap.
Untuk menjaga cita rasa, dan aroma alami dari KEMIRI, sebaiknya sewaktu diolah tidak dengan cara langsung dihaluskan karena ini dapat menghilangkan aroma alami dari KEMIRI. KEMIRI cukup disangrai, untuk mendapatkan aroma lebih kuat bisa juga ditambahkan bawang putih, dan bawang merah. Setelah ditumis KEMIRI akan mengeluarkan minyak, kemudian baru dihaluskan dengan menggunakan blender.
KEMIRI termasuk bumbu dapur yang banyak dicari karena memberi manfaat bagi kehidupan selain untuk pelezat masakan. Kemiri adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat dan dikenal sebagai tung oil.
Di balik permukaan daging kemiri yang berprofil, tersimpan manfaat yang sangat besar bagi rambut. Perawatan rambut dengan bahan alami dari kemiri membuat rambut sehat, tebal, dan kemilau. Biji yang terdapat di dalamnya juga memiliki lapisan pelindung yang sangat dan mengandung minyak cukup banyak, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai lilin.

Fungsi kemiri pada makanan

tags: , , ,