Makanan khas natal dari seluruh dunia

Tuesday, November 5th 2013. | buah, Indonesia, kristiani, Makanan, masakan

by: makanan khas natalmakanan-khas-natal

Makanan khas natal, Natal (dari bahasa Portugis yang berarti “kelahiran”) adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember; dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember. Beberapa gereja Ortodoks merayakan Natal pada tanggal 6 Januari (lihat pula Epifani).
Dalam tradisi barat, peringatan Natal juga mengandung aspek non-agamawi. Beberapa tradisi Natal yang berasal dari Barat antara lain adalah pohon Natal, kartu Natal, bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas.

Berikut hidangan-hidangan istimewa selama Natal dari penjuru dunia:

1. Pesta Tujuh Jenis Ikan (Sisilia, Italia)
Dalam tradisi Sisilia, “Pesta Tujuh Jenis Ikan” mengarah pada tujuh jenis hidangan makanan laut. Jumlah dan jenis ikan yang dimakan di daerah selatan Italia saat ini bervariasi, namun yang terpenting adalah hidangan ikan yang tersaji pada malam Natal. Ide awalnya menyajikan tujuh hidangan untuk mengaitkan dengan jumlah sakramen atau hari yang diperlukan Tuhan untuk menciptakan dunia.

2. Riisipuuro (Finlandia)
Secara tradisional, riisspuuro dimakan pada pagi hari Natal atau bahkan sepanjang pagi di bulan Desember. Riisipuuro adalah bubur yang dibuat dengan memasak nasi dalam susu, mirip dengan puding beras pada umumnya. Biasanya disajikan dengan kayu manis, mentega, dan susu atau sup yang terbuat dari buah plum kering. Dalam tradisi Natal di Finlandia, biasanya bubur ditambahkan almond saat dimasak dan siapapun yang mendapat kacang almond saat menyantap riisipuuro dapat membuat keinginan. Ada juga yang percaya jika berhasil melihatnya, maka dia akan menikah dalam waktu dekat.

3. Sarmale (Rumania)
Ini adalah stuffed berisi kubis yang digulung dan menjadi hidangan untuk dinikmati sepanjang tahun di Rumania. Menu ini begitu populer saat musim liburan seperti Natal dan Paskah. Gulungan kubis rebus ini secara tradisional terdiri dari daging babi, daging sapi, dan beras yang direbus dalam saus tomat. Makanan yang serupa bisa ditemukan di Balkan dan Eropa Tengah.
4. Jansson’s Frestelse (Swedia)
Cassarole kentang yang creamy ini dibuat dengan tambahan bawang bombay, dan ikan teri. Menjadi lauk yang begitu populer disajikan saat Natal di Swedia. Nama Jansson sendiri tidak begitu jelas mengarah pada siapa, kemungkinan besar seorang penyanyi opera pada abad ke-19 atau karakter dalam film pada abad ke-20 awal di Swedia. Yang jelas, pada resep-resep terjemahan bahasa Inggris, biasanya hidangan ini terbuat dari ikan asin, khusunya sprat atau disebut ansjovis di Swedia.

5. Yebeg Wot (Ethiopia)
Di Ethiopia, petani sering membeli anak domba sebelum Natal. Anak domba ini akan diternakkan sehingga memiliki tubuh yang gemuk sebelum disembelih dan diolah menjadi semur kental dan berlemak. Semur dibumbui dengan rempah-rempah berbere dan makanan ini sering disajikan dengan injera yaitu roti datar khas Ethiopia

berikut beberapa Makanan khas natal

tags: , , ,