Masakan tradisional indonesia

Monday, November 11th 2013. | Indonesia, lauk pauk, Makanan, masakan, nasi

masakan-indonesia-tradisionalby: Masakan indonesia tradisional

masakan indonesia tradisional
1.SATE LILIT
Sate yang satu ini memang memiliki banyak keistimewaan. Selain tusukannya yang dibuat dari batang serai yang menambah sedap aromanya, sate lilit Bali dibuat dari daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dan dililitkan ke batang serai. Sate lilit sarat bumbu dan dicampur dengan parutan kelapa, sehingga rasanya gurih dan aromanya menggugah selera.
Rasa Sate Lilit sendiri sangat khas, yakni pedas, wangi, manis dan gurih. Hmm…, selain lezat sate lilit juga sehat, karena rendah lemak dan dibuat dari ikan.

 

2. GUDEG YOGYAKARTA
Sejak puluhan tahun lalu gudeg telah menjadi kuliner Jogja paling populer. Tak hanya sentra gudeg, hampir setiap sudut kota menyajikan masakan berbahan baku nangka muda ini. Gudeg kering pun menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari dan menjadi khas dari Yogyakarta.

 

3. RENDANG
Rendang (bahasa Minang: Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, padahal rendang merupakan masakan khas Minang secara umum.

 

4.GADO-GADO
Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.
Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.

 
5.NASI KUNING
Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia. Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan

masakan indonesia tradisional

tags: , , ,